TIPS Mewarnai Hunian Mungil


Ruang dengan ukuran terbatas kadang membuat pemilik rumah serba salah untuk menentukan warna rumah serta paduannya. Meski tidak ada larangan, namun penggunaan warna di ruang sempit harus diketahui karakternya.

Dalam penerapannya, ada beberapa pertimbangan mengaplikasikan warna untuk hunian mungil. Hal ini terkait kesan yang hendak dimunculkan, apakah panas, sejuk, atau dingin. Misalnya, warna putih dan kuning muda akan mengesankan ruangan jadi lebih luas ketimbang warna coklat atau abu-abu. Warna merah akan menimbulkan kesan panas, hijau bernuansa sejuk, dan biru berkesan dingin.

Warna sendiri dapat dikategorikan menjadi tiga, yakni warna sejuk, hangat, dan netral. Warna sejuk adalah warna yang ditimbulkan dari warna biru, hijau, ungu, dan perak. Dengan warna-warna ini maka akan tercipta perasaan tenang. Warna hangat memiliki efek gairah bagi yang melihatnya. Yang termasuk di dalamnya adalah warna merah, merah muda, kuning, oranye, ungu dan emas. Sementara, warna netral seperti coklat, gading, abu-abu, putih, dan hitam baik untuk latar belakang suatu desain.

Untuk mewarnai hunian mungil, pilihlah warna yang cerah atau muda. Semakin cerah maka akan memberi kesan semakin lapang. Kombinasikan warna sesuai dengan harmonisasi ruang. Serta berikan sedikit warna kontras pada salah satu sisi dinding demi menghilangkan kesan monoton.

Sumber: Kreatif Menata Hunian Mungil, Teguh Prihanto, Kawan Pustaka