Tips Memperbaiki "Wallpaper" yang Rusak


Sedikit sobekan pada wallpaper akan meluas karena sifat kertas rapuh. Jika dibiarkan, wallpaper jadi semakin rusak dan perlu diganti baru seluruhnya.

Dari semua pelapis dinding yang ada saat ini, wallpaper adalah pelapis paling murah tetapi rentan rusak. Penyebab seringnya wallpaper rusak karena usia pakainya tidak bisa tahan lama.

Bahan wallpaper adalah kertas yang rentan sobek dan tergores meskipun hanya sedikit terbentur perabotan rumah tangga. Sedikit sobekan pada wallpaper akan meluas karena sifat kertas rapuh. Jika dibiarkan, wallpaper jadi semakin rusak dan perlu diganti baru seluruhnya.

Namun, Anda dapat mencegah lebih dulu kerusakan itu dengan memperbaiki bagian yang rusak sebelum menyerah dan terpaksa membeli wallpaper baru. Simak empat langkahnya berikut ini:

Bahan cadangan
Sebaiknya, sebelum memasang wallpaper sebagai pelapis dinding, Anda membeli bahan lebih banyak. Tujuannya, agar kelebihan ini dapat dialokasikan sebagai cadangan untuk memperbaiki wallpaper yang rusak. Misalnya, saat membeli Anda melebihkan 10 % dari total bahan.

Menempelkan bahan
Langkah selanjutnya adalah menempelkan sisa potongan wallpaper pada bagian yang robek. Anda harus memastikan agar corak atau motif antara wallpaper dengan sisa potongan senada. Agar melekat rapi, tekan bahan tersebut dengan jari tangan. Cara ini bisa membantu Anda mengenali bagian rusak lainnya serta mengukur jumlah bahan yang belum dipotong.

Memotong wallpaper
Potong wallpaper menggunakan cutter tajam, dan buatlah potongan berbentuk segi empat sedikit lebih besar dari bagian yang rusak. Dari sini, Anda memiliki satu bagian wallpaper pengganti sama persis dengan pola dan ukuran wallpaper di dinding.

Tempel dan merekat
Langkah terakhir, lepaskan bagian wallpaper yang robek dengan cara membasahinya. Kemudian, bersihkan dinding tersebut dari sisa-sisa debu lama. Setelah dinding benar-benar kering, berikan lem secukupnya pada permukaan dinding.

Selanjutnya, tempelkan potongan wallpaper pengganti, lalu tempatkan secara perlahan mengikuti pola wallpaper yang telah terpasang. Kemudian, lekatkan secara perlahan dan tekan secara merata agar hasilnya rapi. Kini, wallpaper cantik siap menghias dinding Anda kembali.

Selamat mencoba!

Sumber :Majalah Renovasi