Tips Material Bangunan: Cara Membuktikan Semen Berkualitas


Demi kesehatan dan kenyamanan, Anda perlu memastikan semen yang Anda beli dan gunakan berkualitas baik. Simak ciri-cirinya sebagai berikut: 

1. Berwarna abu-abu tua atau muda 
Bila warna semen terlalu gelap (agak hitam) atau terlalu terang (agak putih) kemungkinan aditif yang digunakan terlalu banyak sehingga dapat menurunkan kekuatan semen. 

2. Cepat keras setelah diaplikasikan 
Semakin baik kualitas semen maka adukan (pasta) semen akan lebih cepat mengeras setelah diaplikasikan (biasanya 6-7 jam). 

3. Adukan lebih rapat dan rekat 
Karena padatnya bahan-bahan pembuat semen berkualitas, adukan yang dihasilkan dari semen bercampur pasir dan batu split tersebut juga terasa lengket, kental dan padat. 

4. Kemasan tertutup sempurna 
Cek kertas pembungkus semen masih tersegel rapat atau tidak. Jangan menerima kantung semen yang telah terkena air atau ada bekas tambalan. 

5. Berlogo SNI 
Sebelum memilih semen, pastikan terlebih dulu sertifikat yang telah diraih oleh merek tersebut. Bisa berupa logo SNI atau yang telah bersertifikasi internasional. 

6. Perhatikan penyimpanannya 
Jangan diletakkan semen bersinggungan langsung dengan ubin atau lantai, agar tidak cepat mengeras. Alasi permukaan semen dengan kayu, plastik, atau batu bata. Jauhkan semen dari air dan ruangan yang lembap serta hindari menyimpan semen yang terlalu lama, misalnya lebih dari 3 bulan. 

(Gusti Ayu Made Maharani) 

Bali Agung Property
Agen Jual Beli Properti di Bali
Bali Realty Estate Brokers