TIPS Langkah Cermat Berburu Rumah!


Beragam informasi seputar hunian bisa Anda dapatkan dengan mudah. Mungkin, dari iklan surat kabar, internet, majalah, atau promosi keliling agen-agen perumahan.

Namun, ada baiknya jangan lantas tergiur dengan bermacam tawaran tersebut. Jika benar Anda tertarik dengan salah satu tawaran itu, sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut ini agar Anda lebih cermat memilih dan membeli:

- Pastikan status tanah rumah tersebut dalam keadaan aman. Artinya, tidak akan terjadi sengketa di kemudian hari karena telah ada izin secara hukum.

- Untuk memastikan apa yang sebelumnya telah ditawarkan, Anda dapat melakukan survei dengan datang ke lokasi. Cermati, apakah benar-benar menguntungkan seperti promosinya. Survei ke lokasi perumahan juga akan menghindarkan Anda dari masalah penipuan yang dilakukan pengembang.

- Cek spesifikasi material bangunan. Kalau perlu, tanyakan kepada pengembang soal komposisi materialnya.

- Apabila Anda sudah merasa sesuai dengan rumah tersebut, cek daya dukung di sekitar hunian, terutama soal akses jalan, kemudahan transportasi, serta fasilitas umum lain seperti rumah sakit, sekolah, pasar, dan lainnya.

- Langkah lainnya ialah mengecek kredibilitas pengembang perumahan lewat asosiasi yang menaunginya. Misalnya, menghubungi Realestat Indonesia (REI) atau Asosiasi Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Selamat berburu rumah!