Tips Menata Ruang: Ruang Makan yang Menginspirasi

Pendapat yang mengatakan bahwa ruang makan keluarga seharusnya praktis dan dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan anggota keluarga sepertinya masih kurang. Selain praktis, tak ada salahnya menjadikan ruang ini juga mampu menginspirasi. 


Banyak ide mambuat ruang makan sebagai ruangan yang bukan lagi sekadar untuk tempat jamuan dan berbincang, tapi juga area yang bisa memberi keindahan. Berikut ini beberapa tips mendekor ruang makan untuk rumah keluarga Anda: 

Perhatikan jumlah keluarga 
Jumlah anggota keluarga dapat berperan penting dalam fleksibilitas ruang makan di rumah Anda. Semakin banyak jumlah anggota keluarga, namun semakin sedikit ruang Anda miliki, Anda tentu perlu "memutar otak" untuk membuatnya tidak tampak penuh. 
Untuk itu, pertimbangkan penggunaan meja dengan ekstensi khusus atau "tambahan" meja kecil yang dapat dijadikan meja pajangan. Sebaliknya, jika anggota keluarga terbilang sedikit, namun Anda biasa menjamu keluarga dan kerabat setiap hari raya, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan meja kecil untuk kegiatan sehari-hari. Sediakan meja-meja lipat untuk acara khusus dan spesial. 

Rumah mungil serba guna 
Jika ukuran rumah tidak terlalu besar, Anda dapat menggabungkan ruang makan dengan ruang-ruang lain, salah satunya perpustakaan pribadi. Sediakan pencahayaan cukup, kursi yang nyaman, serta pastikan meja makan selalu bersih agar dapat Anda gunakan sebagai ruang membaca. Namun, bila enggan menggunakan dinding sebagai lemari buku, pilihlah solusi lain. Anda bisa menempatkan kaca, lukisan, atau foto agar dinding ruang makan tidak terasa "sepi". 

Pilah-pilih warna 
Tentukan warna yang Anda sukai, dan pilih warna yang akan Anda gunakan dalam ruang makan sebelum mulai membeli berbagai berlengkapan dan furnitur. Cobalah "bermain" dengan mengkombinasikan warna-warna terang seperti hijau dengan warna putih dan merah. Anda juga bisa menggabungkan warna biru dengan aksen kayu. 


Proses pengerjaan 
Jika waktu Anda terbatas dalam mendekor ruang makan, ada baiknya Anda memulai dengan hal-hal yang mampu memberikan perubahan dengan cepat. Anda dapat membuat perubahan semacam ini dengan mengganti warna dinding atau meja makan. 
Selain waktu, tentu Anda juga harus berhati-hati dengan anggaran. Jika menginginkan tampilan "abadi" yang cenderung tidak cepat usang, Anda bisa menggunakan banyak warna putih dan "bermainlah" pada aksen. 
Selain itu, Anda bisa menggunakan penutup kursi dengan aksen bunga yang cantik. Penuhi ruangan dengan perabot kayu, serta berikan bunga segar pada ruang makan Anda. Nah, selamat berkreasi!

Bali Agung Property
Agen Properti Terbaik di Bali
Jual Beli Tanah - Rumah - Villa di Bali | Land - House - Villa For Sale and Rent in Bali
The Best Property Consultant and Real Estate Agent in Bali