5 Trik Menerangkan Ruang Tanpa Lampu


Bayangkan jika Anda berada di ruang yang gelap, kemudian beralih ke ruang yang terang. Walaupun kedua ruang tersebut ukurannya sama, tentu terasa perbedaannya bukan?

Ruang yang gelap menimbulkan kesan terkungkung dan sempit. Sebaliknya, ruangan terang akan terasa lebih lapang.

Ya, cahaya memang berperan besar dalam menciptakan kesan dalam ruang. Apalagi, jika cahaya ini adalah cahaya alami yang akan membuat ruang tidak saja lega, tapi juga lebih sehat.

Ada beberapa cara untuk membuat ruang di rumah Anda lebih terang. Dan, ini tidak melulu berarti memasang lebih banyak lampu. Berikut cara-caranya:

Cermin besar

Pasang cermin berukuran besar pada salah satu dinding. Tidak saja meluaskan, cermin juga akan memantulkan semua cahaya yang diterimanya. Ruang pun menjadi tampak lebih terang tanpa perlu menambahkan pencahayaan buatan.

Cat mengilap

Cat dinding dengan jenis cat yang mengilap. Cat yang tidak mengilap (doff) akan menyerap cahaya. Berbeda dengan cat kilap yang justru akan memantulkan cahaya. Namun, jangan lupa, pilihlah warna terang agar ruang terasa lebih luas.

Tumpukan barang

Enyahkan semua tumpukan barang. Gunakan hanya perabot yang penting-penting. Tumpukan barang yang berlebih hanya akan menyebabkan terjadinya banyak bayangan yang menjadikan ruang tampak lebih gelap. Sementara susunan barang yang rapi akan menciptakan lebih banyak ruang.

Pintu kaca

Gunakan kaca sebagai material daun pintu. Cahaya yang berasal dari ruang akan diteruskan pintu ini, sehingga ruang tidak saja mendapat suplai cahaya dari jendela, tetapi juga dari pintu.

Skylight

Pasang skylight yang memasukkan cahaya dari atas atap. Cara sederhana, di beberapa tempat genting diganti dengan yang transparan, begitu juga plafonnya. Dengan begitu, cahaya matahari dapat menyinari ruang, bahkan ruang yang tanpa jendela.

Semoga berhasil!

Bali Agung Property
-Kumpulan Tips Tips Rumah - Kumpulan Artikel Rumah Sehat - Kumpulan Tips Rumah Cantik - Kumpulan Tips menata rumah minimalis - Kumpulan Tips Rumah Mungil - Tips dan Trik Seputar Rumah -

Sumber : Kompas Klasika