Memilih Hunian - Lokasi Strategis, Jangan Bosan Dengar Kata itu...


Rasanya, tidak ada pertimbangan lain yang lebih utama perlu diperhatikan ketika membeli rumah, selain lokasi yang strategis. Semakin padatnya Ibukota dengan kemacetan di mana-mana, akhirnya ikut mendesak kebutuhan orang untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan mencari hunian lebih nyaman di lokasi paling strategis.

Lokasi strategis. Sebaiknya, Anda memang jangan bosan dengan kata-kata ini. Karena semakin Anda sering mendengarnya, semakin terpatri pula dalam pilihan Anda menentukan hunian yang layak untuk kualitas hidup Anda.

Ya, lokasi strategis berarti kemudahan bagi Anda menuju tempat kerja dan area bisnis di tengah kota, ke pusat belanja, sekolah anak-anak, rumah sakit, pusat hiburan, dan sebagainya yang berada di pusat kota. Dan, pada akhirnya lokasi strategis juga berarti Anda akan irit ongkos, hemat waktu, dan tenaga karena minimal Anda tidak terjebak pada kemacetan terlalu panjang dan lama, atau membutuhkan waktu lebih dari 30 menit hanya untuk mengantar anak ke sekolah atau isteri ke pusat perbelanjaan.

Hidup di kota besar memang sebuah tantangan besar. Setiap minggu, bulan dan tahun berganti, kondisi Ibukota semakin “sesak”. Namun demikian, itu bukan berarti Anda lengah pada informasi tentang kemajuan pembangunan untuk keluar dari ketersesakan.

Saat ini, semakin banyak kawasan-kawasan mandiri telah dikembangkan sebagai alternatif jalan keluar. Hunian-hunian baru pun bermunculan di kawasan-kawasan tersebut dan berusaha menawarkan keanggunannya.

Hal itu tentu sebuah kabar gembira. Apalagi, umumnya kawasan-kawasan mandiri itu kini telah didukung oleh aksesibilitas tinggi, sebutlah misalnya tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), yang semakin membuka perkembangan kota-kota di sekitar Jakarta seperti Tangerang, Bekasi, Depok, atau Bogor.

Sekali lagi, dengan mencermati kemajuan ini, setidaknya Anda semakin mudah menentukan pilihan lokasi strategis bakal hunian Anda. Dan, Anda tidak perlu khawatir bersusah payah mencari informasi, karena para pengembang kini semakin berlomba-lomba menawarkan posisi terdekat dengan jalan tol dan pusat kota dengan beragam fasilitasnya.

Namun memang, ideal atau tidaknya sebuah lokasi bagi hunian Anda, tentu akan bersifat relatif, sebab semua tergantung pada perkembangan kawasan dan kebutuhan Anda sendiri. Karena tak jarang, lokasi properti dapat menjadi semakin strategis justeru berkat adanya pengembangan kawasan di sekitarnya.

Keputusan tetap ada di tangan Anda. Jika pada akhirnya lokasi strategis sangat menentukan kelengkapan fasilitas dan segala macam penunjang kebutuhan Anda sehari-hari, maka perburuan hunian Anda bisa segera dimulai. Jika tidak, tak ada salahnya Anda meninjau ulang secara komprehensif ihwal strategis atau tidaknya kawasan bagi calon hunian Anda. Karena meskipun jauh dari pusat kota atau jalan tol, bukan berarti sebuah kawasan tak bisa menyajikan kenyamanan dan kualitas hidup seperti yang Anda impikan, bukan?